Preloader

Asia Pacific Grid Workshop 2015

Featured Image

Pada tanggal 7-10 Juli 2015, Pusat Penelitian Informatika LIPI, telah mengirimkan seorang delegasi untuk menghadiri acara Asia Pacific Grid Workshop 2015 yang diadakan di Krabi, Thailand. Taufiq Wirahman sebagai administrator fasilitas High Performance Computing (HPC) LIPI menjadi delegasi yang menghadiri segaligus mempresentasikan fasilitas HPC LIPI. Acara tersebut diadakan di Dusit Thani Hotels dihadiri oleh perwakilan berbagai Negara di Asia pasifik dan juga delegasi dari collaborator Alice Cern.

 Workshop ini merupakan workshop pertama yang didedikasikan untuk memperkuat kolaborasi antar site Grid di wilayah Asia Pasifik. Tujuan kegiatan ini adalah mempertemukan antara administrator grid, pengembang perangkat lunak dan penyedia jaringan yang terlibat dalam pengelolaan grid.

Workshop ini merupakan kesempatan yang bagus untuk saling bertukar pikiran dan ide terkait penguatan kolaborasi antara grid yang terhubung dengan eksperimen ALICE di CERN, yaitu pusat data Tier-1 di Korea Selatan dan beberapa Tier 2 di China, Jepang, Thailand dan Indonesia. Masalah utama yang menjadi pokok bahasan adalah koneksi jaringan antar negara-negara di Asia Pasifik.

Oleh : Taufiq Wirahman 

RECENT TWEETS

    Link