Preloader

International Conference on Computer, Control, Informatics and its Applications (IC3INA 2015).

Featured Image

International Conference on Computer, Control, Informatics and its Applications (IC3INA) adalah sebuah acara rutin tahunan yang diadakan oleh Pusat Penelitian Informatika (P2I) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia(LIPI). Pusat Penelitian Informatika saat ini sendiri, sekarang dipimpin oleh Dr. Bogie Soedjatmiko. Acara ini diadakan untuk ketiga kalinya secara berturut- turut dari tahun 2013. 

IC3INA 2015 sendiri adalah sebuah acara internasional yang melibatkan banyak peneliti dunia dibidang informatika. Gelaran acara internasional yang ketiga ini akan diadakan di Bandung, tepatnya dihotel Aston Tropicana Cihampelas pada tanggal 5-7 oktober 2014.

Seminar internasional yang mengusung tema “Emerging Trends in the Era of Internet of Things” mengundang seluruh peneliti untuk mengirimkan hasil penelitiannya dalam bentuk prosiding. Pada acara ini, setiap karya tulis akan diperiksa oleh para ahli dibidangnya secara ketat. Para peneliti yang karyanya dianggap memenuhi kriteria, diwajibkan untuk melakukan presentasi dihadapan peneliti lainnya. Hasil penelitian yang dipresentasikan nantinya akan dipublikasikan diwebsite IEEE. Selain itu, hasil penelitian yang telah dipublikasikan tersebut akan terindex oleh Scopus.

Pendaftaran (registrasi) online dapat dilakukan dilaman resmi website IC3INA 2015 : http://situs.opi.lipi.go.id/ic3ina2015/.  IC3INA 2015 sendiri telah mendapat persetujuan dari IEEE sebagai acara yang akan disponsori oleh IEEE pada tahun 2015 (conference no. 36195.).  Selain sebagai pemakalah, peneliti yang belum memiliki karya tulis dapat mendaftarkan diri sebagai peserta dalam acara internasional ini. Pada tahun 2013 dan 2014 P2I LIPI juga telah berhasil mengadakan IC3INA 2013 dan IC3INA 2014. Prosiding IC3INA tahun 2013 sendiri telah dipublikasikan dilaman resmi IEEE Explore. Sedangkan untuk prosiding IC3INA tahun 2014 sedang dalam proses publikasi. Sejumlah peneliti dari berbagai Negara menjadi peserta acara tersebut. Acara tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi P2I LIPI sebagai salah satu bentuk kontibusi lembaga dalam meningkatkan kemampuan para peneliti P2I sendiri dan kontribusi P2I dalam hal peningkatan jumlah dan kualitas publikasi internasional Indonesia.

Pusat Penelitian Informatika bukan satu-satunya yang mengadakan acara ini. Kedeputian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(IPT) LIPI yang dikepalai oleh Dr. L.T. Handoko telah memberikan mandat kepada seluruh pusat penelitian dibawah kedeputian IPT untuk mengadakan acara serupa dengan rentang waktu yang hampir bersamaan. Sebagai contoh adalah Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (P2ET) dan Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika yang mengadakan seminar internasional serupa. Harapannya, dengan adanya acara ini dapat meningkatkan kemampuan para peneliti LIPI, khususnya dibidang IPT, dan juga Indonesia pada umumnya.  Peningkatan jumlah karya tulis ilmiah juga menjadi salah satu tujuan utama IPT LIPI. Hal ini sehubungan dengan jumlah publikasi internasional Indonesia yang masih cukup tertinggal dibandingkan dengan Negara – Negara asia lainnya.

Melalui kolaborasi acara ini, diharapkan peran serta seluruh elemen peneliti dibidang informatika untuk menyumbangkan ide dan karyanya. Sehingga acara ini dapat menjadi pemicu dan pemacu semangat para peneliti untuk terus berkiprah dikancah internasional, khususnya dalam menghasilkan karya ilmiah. 

by: Adi Nurhadiyatna

RECENT TWEETS

    Link