Preloader

Kunjungan Deputi IPT LIPI ke NTUST

Featured Image

[6 Agustus 2015] Taipei. Dalam lawatannya ke Taiwan, Dr. L.T. Handoko mengunjungi National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), di Kota Taipei. Dr. L.T. Handoko didampingi oleh para staf peneliti LIPI yang sedang menimba ilmu di Taiwan yaitu Briliant Adhi Prabowo (Peneliti P2I), Widhya Budiawan dan Erry Dwi Kurniawan (Para peneliti P2ET).

 Di NTUST atau yang lebih dikenal di Taiwan dengan nama Taiwan Tech ini, Dr. L.T. Handoko berkunjung ke Department of Computer Science and Information Engineering, Department of Electronic and Computer Engineering, Department of Electrical Engineering dan Center for Internet of Things Innovation (CITI).

Pada Department of Computer Science and Information Engineering, Dr. L.T. Handoko disambut oleh Dr. Tai-Lin Chin, Associate Professor dan Dr. Didi Rosiyadi, postdoctoral researcher (Peneliti P2I). Chairman of CSIE Department yaitu Dr. Shi-Jinn Horng yang pernah menjadi Keynote speaker pada IC3INA 2014 tidak dapat hadir dikarenakan sedang ada kunjungan kerja ke Jepang. Dr. Tai-Lin Chin, menjelaskan sekilas tentang CSIE Department meliputi, tenaga akademisi, mahasiswa, laboratorium, kegiatan dan fasilitas penelitian, kerjasama dan Research Center. Yang cukup menarik diteruskan adanya Tour ke sebagian laboratorium. Ada beberapa hasil penelitian mahasiswa yang didemontrasikan, diantaranya adalah MapXplore application yang mendapatkan juara 1 pada Intelligent Electronics System Design Contest 2014 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan Taiwan, yang sangat mengesankan bahwa yang menjadi penggerak dari penelitian ini adalah Mahasiswa S3 dari Indonesia, sangat membanggakan juga. Selain itu ada penelitain yang berkaitan dengan Computer Game Animation and Graphics, Image, Video Processing and Multimedia, and Information Security and Parallel Processing.

Pada Departement EE & ECE, Dr. Ray-Guang Cheng, Professor pada departement ini dan Para Prosessor lainnya menyambut kami dan mereka memberikan penjelasan tentang Department EE & ECE. Yang dijelaskan semua kegiatan penelitian, fasilitas termasuk laboratorium. Laboratorium yang ada diantaranya adalah signal processing&communications, Microwave Electronics, Low Power System, dan lain-lain.

Kunjungan terakhir di NTUST adalah ke CITI. Citi adalah pusat penelitian lintas disiplin yang bertujuan untuk mengembangkan key enabling technology dalam memfasilitasi insfrastruktur internet of things dan untuk mewujudkan aplikasi cerdas dan innovatif untuk hidup yang berkelanjutan., Teknologi utama yang sedang dikembangkan adalah critical components of RFID, middleware, sensors, cloud computing, networking, communication, wireless technologies, sedangkan yang masih dalam tahap investigasi dan selanjutnya dapat dikembangkan adalah sejumlah skenario aplikasi dalam smart building, energy efficient building, healthcare, eldercare, intelligent living, and logistics and supply chain management. Kami juga diberikan penjelasan tentang kegiatan penelitian serta keliling untuk melihat sarana dan prasarana yang ada dalam pusat penelitian ini. CITI dipimpin oleh Dr. Syuo-Yan Chou, Professor pada departemnt of information management yang tahun lalu pernag melakukan kunjungan kerja ke kantor IPT LIPI Jakarta dan melakukan pertemuan informal dengan Dr. LT Handoko dan staff. Dr. Syuo-Yan Chou merupakan salah satu keynote speaker pada acara IC3INA 2015 ini.

Sebelum meninggalkan kampus NTUST, Dr. L.T Handoko berkenan untuk berbincang informal di Kantin Kampus dengan civitas LIPI yaitu Didi Rosiyadi dan Briliant Adhi Prabowo (Peneliti P2I), Widhya Budiawan dan Erry Dwi Kurniawan (Para peneliti P2ET) serta Irwan Purnama (UPT BPI). Dalam bincang santai ini, Dr. L.T. Handoko memberikan inspirasi dan wejangan untuk terus belajar dan berkarya walaupun sedang di negeri orang.

Setelah kunjungan Dr. L.T.Handoko ke NTUST ini maka kerjasama penelitian, penugasan civitas LIPI untuk melanjutkan studi, permohonan pakar suatu bidang penelitian dan kerjasama yang sifatnya jangka panjang dapat terbuka lebar untuk dilakukan secepatnya. OLehkarena ini Civitas LIPI dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini.

Oleh: Didi Rosiyadi

RECENT TWEETS

    Link