Preloader

Pameran Pendamping RAKERNAS Kemenristekdikti 2018

Featured Image

Dalam rangka Rapat Kerja Nasional Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 2018, akan diselenggarakan pameran pendamping pada tanggal 17 Januari 2017 di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Pameran ini mengusung konsep mini exhibition yang menampilkan Produk Inovasi Terakhir dan Unggulan dari dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, serta Lembaga Pemerintah Non Kementerian di bawah koordinasi Kemenristekdikti.

Terkait dengan Keikutsertaan Pameran tersebut Pusat Penelitian Informatika mengusulkan benda pamer yaitu Alat Identifikasi Kayu Otomatis (Wood ID) dari hasil penelitian Dr. Esa Prakasa. Alat identifikasi kayu otomatis berbasis computer vision ini merupakan hasil riset kerjasama tim peneliti Pusat Litbang Hasil Hutan, BLI - KLHK dengan Pusat Penelitian Informatika, LIPI dan mendapat pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melalui Program INSINAS 2017. 

“Teknologi ini telah ditunggu oleh para pihak di lapangan yang sering memerlukan informasi jenis kayu secara cepat dan tepat,”  selama ini identifikasi jenis kayu secara makro dan mikro memerlukan waktu yang relatif panjang karena harus mengamati puluhan karakteristik kayu dan hanya dapat dilakukan oleh para anatomis. Namun dengan hadirnya alat ini cukup dalam hitungan detik maka informasi karakteristik kayu akan langsung diperoleh.

RECENT TWEETS

    Link