Preloader

Workshop Big Data dan HPC

Featured Image

“big data is a big deal; it will lead to huge new opportunities in the coming years”
“we must learn and master how to sail in the high wind of Big Data”.

Big Data mengacu pada kumpulan data yang sangat besar dan kompleks, yang biasanya memiliki karakteristik 3V, yaitu volume yang sangat besar, variety (jenis) yang sangat beragam, dan velocity (kecepatan) tinggi yang dibutuhkan untuk memproses data tersebut. Saat ini Big Data sudah ada dimana-mana dan sudah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti transaksi bisnis, keuangan, telekomunikasi, video surveillance, iklim, kebencanaan, serta berbagai kumpulan informasi yang terkirim melalui web, dan sejenisnya. Berbagai macam data ilmiah juga sudah mencapai skala big datadengan volume, variety, dan velocity yang terus meningkat dengan pesat.

 

Big Data juga mengacu kepada proses, yaitu mengolah data yang jumlahnya sangat besar (ratusan milyar events setiap hari) secara real time maupun batch; menganalisa ragam data yang sifatnya sangat kompleks dan tidak terstruktur menjadi informasi yang berharga untuk berbagai keperluan, seperti membuat keputusan (decision making), trend analysis, forecasting, business intelligence, dan sebagainya. Semuanya dilakukan dalam tempo yang sangat cepat, pada waktu dan sasaran yang tepat. Proses tersebut tidak mungkin dilakukan menggunakan software maupun hardware konvensional. Big data tidak hanya membutuhkan perangkat yang khusus, tetapi juga memerlukan sumberdaya manusia dengan spesifikasi ketrampilan yang khusus pula.

Sejalan dengan meningkatnya jumlah dan kompleksitas data, maka meningkat pula kebutuhan terhadap teknologi big data yang semakin efisien untuk menyimpan, memelihara, mengamankan, mengolah, menganalisa, dan menciptakan solusi-solusi cerdas. Kemajuan teknologi informasi dan komputasi selama beberapa tahun terakhir telah memungkinkan kita memiliki kemampuan untuk memanfaatkan big data untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis. Perkembangan ini perlu diketahui oleh para pemangku kepentingan, baik industri, akademik, maupun pemerintahan, agar tetap kompetitif dalam memenuhi tuntutan masyarakat untuk memproses informasi dan memberikan layanan secara cepat.

Workshop ini bertujuan memberikan pengayaan tentang product knowledge yang berkaitan dengan big data, serta pengalaman-pengalaman best/bad practices yang berkaitan dengan pemanfaatan big data, baik dari sektor pemerintahan maupun swasta. Para peserta diharapkan akan mendapatkan antara lain:

        • Teknik dan perangkat yang digunakan untuk pengolahan dan analisa big data
        • Best practices dalam pengolahan dan analisa big data
        • Pengalaman nyata dari perusahaan/ industry dalam memanfaatkan big data
        • Tren masa kini yang perlu diketahui berkenaan dengan big data

Workshop juga akan memperkenalkan fasilitas High Performance Computing (HPC) yang dimiliki oleh LIPI agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan penelitian yang memerlukan teknologi big data.


Oleh : Taufik Wirahman

Sumber : (http://grid.lipi.go.id/main/news_event/9)

RECENT TWEETS

    Link